International Journal For Multidisciplinary Research

E-ISSN: 2582-2160     Impact Factor: 9.24

A Widely Indexed Open Access Peer Reviewed Multidisciplinary Bi-monthly Scholarly International Journal

Call for Paper Volume 6 Issue 3 May-June 2024 Submit your research before last 3 days of June to publish your research paper in the issue of May-June.

Analisis Determinan Tenaga Kerja yang Bekerja pada GIG Economy

Author(s) Silvi Asna Prestianawati, Muhammad Fawwaz, Axel Leander Julivius Teguh
Country Indonesia
Abstract GIG Economy merupakan sebuah ekonomi baru yang telah lama eksis namun menjadi sangat berdampak tepatnya setelah pandemic covid-19 yang mana hampir seluruh aktivitas masyarakat bersifaf digital based. GIG Economy membawa dampak positif bagi tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan melalui penyediaan lapangan pekerjaan yang sifatnya on demand. Namun, disisi lain, GIG Economy juga dinilai sebagai ekonomi yang tidak memberikan prospek positif bagi para pekerja. Maka dari itu, melalui metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa motif para GIG worker. Selain itu, penelitian ini juga didukung oleh studi kepustakaan guna memperkuat analisis peneliti. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa variable fleksibilitas, upah dan lingkungan kerja tidak berpengaruh pada kepuasan bekerja GIG worker. Namun variable kepercayaan terhadap perusahaan GIG berpengaruh signifikan terhadap kepuasan bekerja GIG worker. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi dasar bagi pemerintah dalam memberikan intervensi kebijakan terhadap GIG Economy demi berlangsungnya kesejahteraan masyarakat secara jangka panjang.
Keywords GIG Economy, Labour
Field Sociology > Economics
Published In Volume 5, Issue 4, July-August 2023
Published On 2023-08-22
Cite This Analisis Determinan Tenaga Kerja yang Bekerja pada GIG Economy - Silvi Asna Prestianawati, Muhammad Fawwaz, Axel Leander Julivius Teguh - IJFMR Volume 5, Issue 4, July-August 2023. DOI 10.36948/ijfmr.2023.v05i04.4612
DOI https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i04.4612
Short DOI https://doi.org/gsm4zp

Share this